DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA SAWAHLUNTO, SUMATERA BARAT

CULINARY

Sawahlunto, (Antara) - Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar), selain terkenal dengan songketnya, juga memiliki potensi wisata kuliner, yakni sate dan sup berbahan daging sapi sebagai produk andalan.

 

Camat Silungkang, Ismunandar di Sawahlunto, Rabu, mengatakan, pedagang kuliner jenis sate dan sup daging sapi tersebut bisa ditemukan di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) ruas Sumbar-Jambi, yang melintasi kecamatan itu.

 

"Pedagang yang merupakan masyarakat Desa Silungkang dan Muaro Kalaban itu memanfaatkan bahu jalan dan beberapa bangunan kedai milik mereka untuk berjualan kuliner tersebut," katanya.

 

Menurut dia, keberadaan para pedagang kuliner itu cukup diminati oleh pengguna jalan yang melintas ruas jalan tersebut. Hal itu terlihat dari ramainya pengunjung yang singgah untuk berbelanja makanan yang mereka tawarkan.

 

Penyebarannya pun cukup unik dan tumbuh berdasarkan kearifan lokal masyarakat itu sendiri, katanya.

 

"Ruas jalan dari depan kawasan Gedung Gapersil menuju kebun jeruk, Desa Silungkang, menu yang ditawarkan didominasi oleh sup dan soto," ujarnya.

 

Sementara dari ruas jalan gedung Gapersil menuju perbatasan Sawahlunto dengan Kabupaten Sijunjung, terkenal dengan "Sate Muaro Kalaban", sebagai andalan kulinernya.

 

Ia mengatakan, pihaknya terus mendorong tumbuhnya ekonomi masyarakat untuk mengurangi angka kemiskinan di kecamatan tersebut.

 

"Saat ini Kecamatan Silungkang memiliki 105 Kepala Keluarga (KK) kategori miskin, dan 245 KK dengan kategori rentan kemiskinan," katanya.

 

Menurut dia, dengan tumbuhnya peluang usaha berdasarkan minat itu, diharapkan mampu menopang kehidupan ekonomi masyarakat agar tidak semakin dalam terpuruk dalam kemiskinan.

 

"Disamping itu, KK yang rentan tertimpa kemiskinan juga bisa berkurang melalui sejumlah program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah," katanya.

 

Kecamatan Silungkang, berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Sawahlunto, menjadi zona ekonomi kota itu. (cpw7)

 

Pewarta : Rully Firmansyah 

Editor: Antara 

 

COPYRIGHT © ANTARA 2018


Visitor

Today 5

Yesterday 8

Week 5

Month 106

All 1080

Currently are 14 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions

 

This is the official website of the Government of Tourism Sawahlunto, West Sumatera. The contents listed on this website are intended for informational purposes rather than commercial. Any displayed sale is meant as a token of partnership and will always redirect you to our partners' sites.