DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA SAWAHLUNTO, SUMATERA BARAT

Nature

Air tern Bikan Air tern Bikan photo by Badril.hs

Eksotisnya Air Terjun Bikan

 

Desa Wisata Rantih merupakan desa wisata terbaik di Sumatera Barat dengan konsep wisata alam dan budaya, desa ini terletak di Kota Sawahlunto yang berjarak 6 Km dari pusat kota. Keunikan desa rantih adalah sebuah desa yang memiliki lima buah air terjun yang cukup tinggi 30 hingga 60 m. 

 

Desa rantih memiliki panorama alam yang indah, hamparan sawah hijau bertingkat dan aliran sungai ombilin dengan udara yang cukup sejuk. Disamping itu desa rantih memiliki seni budaya khas yang masih berjalan dan tradisi masyarakat lokal yang masih terpelihara seperti mangodow dan bakhau serta makan bajamba, disamping itu juga seni tradisi silat tuo rantiah, tari minang dan tradisi lokal lainnya. 

 

Aktifitas wisata desa rantih traking menuju air terjun, berkemah, dan wisata panorama alam. Wisata budaya yaitu mangodow (menangkap ikan disungai dengan daun aren) dan tradisi bakhau setelah panen diadakan pada bulan juni-juli, disamping itu juga tradisi makan bajamba, belajar kesenian lokal silat dan tari. Jika kita ingin mencoba berwisata air kita bisa melakukan wisata arung sungai dengan menggunakan perahu tradisional (timpek) selama 2 jam menuju air terjun Tinogan sambil menikmati panorama dan tebing bukit serta satwa alam liarnya. Kegiatan wisata alam desa lain yang bisa diikuti yaitu marancah sawah, menanam padi, manyuluah, menangkap belut, manggaro, dan manakiak getah.

 

Untuk kegiatan wisata kuliner di desa rantih kita belajar membuat gulai talangjuo, randang baluik, kue kare kare, paniaram, makanan khas dengan proses pembuatan yang unik. Desa rantih memiliki akses yang cukup dekat dengan destinasi wisata lain seperti danau kandih, kota lama, museum dan waterboom yang dapat di tempuh dengan waktu 20 menit.Jika kita akan menuju desa rantih hanya memerlukan waktu 2 jam dari bandara Internasional Minangkabau melewati Kota Bukittinggi dan Istano Pagaruyung di Batusangkar.

 

 

 

 

Read 148 times Last modified on Monday, 06 August 2018 19:12
Admin Office

About the Author

Login to post comments

 

This is the official website of the Government of Tourism Sawahlunto, West Sumatera. The contents listed on this website are intended for informational purposes rather than commercial. Any displayed sale is meant as a token of partnership and will always redirect you to our partners' sites.