DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA SAWAHLUNTO, SUMATERA BARAT

Nature

Paralayang Sawahlunto Paralayang Sawahlunto Disparpora Sawahlunto

sensasi dari ketinggian "Paralayang dari Puncak Polan, Sawahlunto"

Puncak Polan  merupakan salah satu bukit yang menjadi salah dinding alam yang menghiasi kota Sawahlunto. Dari pusat Kota Sawahlunto terlihat tulisan “SAWAHLUNTO” menghiasi dinding tebing ini bukit Puncak Polan ini. Dari puncak bukit ini terlihat kota Sawahlunto yang dikelilingi oleh bukit-bukit sehingga terlihat Kota Sawahlunto bagaikan kuali. 

 

Dari Puncak Polan ini para pecinta olahraga paralayang pun dapat melakukan paralayang. Paralayang dari Puncak Polan mempunyai keunikan sendiri karena setiap penerjun  sebelum melakukan pendaratan/landing di lapangan Sepakbola Ombilin, pasti akan melayang-melayang melingkupi hampir seluruh Kota Sawahlunto hingga mendarat tepat  di jantung kota Sawahlunto.

 

Lokasi dan Transportasi

Secara Administratif Puncak Polan berada di Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Lokasinya memang tidak begitu jauh dari Pusat Kota Sawahlunto. Untuk mencapai lokasi ini membutuhkan waktu sekitar lebih kurang 15 menit berkendaraan dari Pusat Kota Sawahlunto. 

Kondisi jalan hingga mencapai Puncak Polan sudah bisa ditempuh oleh kendaraan roda 4.  Pastikan kendaraan yang digunakan untuk mencapai puncak Polan ini dalam kondisi baik mengingat  kondisi jalan selalu menanjak.

 

Melakukan Paralayang dari Puncak Polan merupakan tantangan tersendiri karena selain areal disekitarnya dikelilingi oleh-bukit-bukit, areal untuk melakukan pendaratan cukup padat di pusat Kota Sawahlunto. Menurut pecinta olahraga ini yang sudah pernah melakukan paralayang dari Puncak Polan, tantangan tersebut membawa kesenangan tersendiri karena selain bisa menyaksikan keindahan pemandangan dari ketinggian, juga bisa melihat bangunan-bangunan tua yang ada di Kota Sawahlunto. Berada di Puncak Polan sudah menjadi salah satu daya tarik pariwisata di Kota Sawahlunto, di puncak ini tak hanya sebagai tempat bersantai melepas penat ataupun mencoba olahraga paralayang saja, Puncak Polan ini pun sering dijadikan sebagai tempat favorit para pecinta fotografi. Hal ini tak lain karena tempat ini memiliki spot yang menarik untuk pengambilan gambar, bahkan pada malam hari bisa mengambil gambar gemerlap lampu Kota Sawahlunto dari ketinggian.

Read 85 times Last modified on Wednesday, 16 May 2018 20:34
Admin Office

About the Author

More in this category: Eksotisnya Air Terjun Bikan »
Login to post comments

 

This is the official website of the Government of Tourism Sawahlunto, West Sumatera. The contents listed on this website are intended for informational purposes rather than commercial. Any displayed sale is meant as a token of partnership and will always redirect you to our partners' sites.