DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA SAWAHLUNTO, SUMATERA BARAT

Amusement And Theme Park

Puncak Cemara, Destinasi di Dekat Pusat Kota Sawahlunto Photo by tri.iwan.afandi.fandi

Puncak Cemara, Destinasi di Dekat Pusat Kota Sawahlunto

 

Topografi Kota Sawahlunto yang berbukit-bukit tentunya menjadi pesona alam tersendiri. Apalagi kota yang terkenal dengan kotaTambang ini memiliki bentu seperti kuali karena di kelilingi oleh wilayah perbukitan. Salah satu bukit yang mengelilingi Kota Sawahlunto adalah Puncak Cemara yang lokasinya berada tidak begitu jauh dari Pusat Kota Sawahlunto. Lokasinya terletak di pinggang bukit yang dikelilingi oleh pohon cemara.

Suasana sejuk sangat terasa di puncak cemara dari hingga malam hari apalagi sambil menikmati cemilan yang kita bawa sambil memandang kota Sawahlunto dari ketinggian, tak lupa sambil mengabadikan moment terbaik di Sawahlunto dengan latar belakang kota Sawahlunto.    

 

Puncak cemara merupakan salah satu alternatif pilihan buat wisata keluarga di Kota Sawahlunto. Untuk mencapai puncak ini dari pusat Kota Sawahlunto membutuhkan waktu lebih kurang 10 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.  Dari Puncak Cemara ini  akan terlihat hampir keseluruhan pusat kota Sawahlunto. Untuk saat ini pemerintah Kota Sawahlunto sedang mengembangkan puncak cemara menjadi salah satu tujuan wisata ke Sawahlunto. Melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sawahlunto, Pemerintah kota mulai membangun beberapa fasilitas yang menunjang untuk pengembangan Puncak cemara ini, diantaranya adalah: 

  • Menara Pandang
  • Pedestrian (Jalan setapak) dengan paving block
  • Kantin buat pengunjung
  • Mushalla
  • Toilet
  • Play Ground
  • Lokasi Parkir
  • Lampu Taman dan Gazebo
  • Halte untuk tempat bersantai dan pergola

 

Khusus untuk pembangunan menara pandang akan dilengkapi dengan 4 unit Teropong Portable  yang dira rancang utk aktifitas / kegiatan diluar rumah dengan kemampuan untuk melihat object yang sangat jauh hingga 300 x pembesaran objek. Jika berkunjung ke Sawahlunto, jangan lewatkan untuk datang ke Puncak Cemara. 

 

 

 

 

 

 

Read 162 times Last modified on Monday, 06 August 2018 19:10
Admin Office

About the Author

Media

Mahameru project
Login to post comments

 

This is the official website of the Government of Tourism Sawahlunto, West Sumatera. The contents listed on this website are intended for informational purposes rather than commercial. Any displayed sale is meant as a token of partnership and will always redirect you to our partners' sites.