DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA SAWAHLUNTO, SUMATERA BARAT

NEWS

Walikota dan Wakil Walikota Sawahlunto langsung menghadiri paparan tentang perencanaan pengembangan destinasi pariwisata Camping Ground Sawahlunto yang digelar Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga pada hari ini, Senin, 4 Maret 2019 di Balaikota Sawahlunto. Paparan perencanaan ini mengulik lebih dalam dan tajam rencana pengembangan ke depan destinasi wisata Camping Ground Sawahlunto yang secara teknis disampaikan oleh pihak perencana.

Dalam arahannya Walikota Sawahlunto, Deri Asta, SH menekankan agar pengembangan ini tidak menghasilkan wahana wisata yang saling kanibalisme (tumpang tindih) dengan destinasi wisata lainnya di Sawahlunto. Selain itu juga ditekankan agar konsep pengembangannya kekinian dan disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan.

Sementara  itu Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti, SE menanggapi agar pengembangan destinasi wisata Camping Ground Sawahlunto agar disesuaikan dengan master plannya dan konsep utama pengembangan harus jelas, apakah akan menjadi tempat wisata harian atau tempat berkemah. Karena  dewasa ini kompetisi pariwisata antar daerah makin ketat.

Lebih lanjut Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Efriyanto, S.Sos, MM menjelaskan bahwa upaya pengembangan ini adalah salah satu inovasi dalam melahirkan magnet baru pada pariwisata Sawahlunto. Pengembangan ke arah Danau Tandikek untuk menambah atraksi dan spot baru di Camping Ground Sawahlunto. Namun setelah ini Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga beserta tim perencana akan menyempurnakan konsep disain sehingga betul-betul menghasilkan inovasi baru yang menjadi daya ungkit baru kepariwisataan Sawahlunto.

Camping Ground Sawahlunto merupakan destinasi wisata yang berlokasi di kawasan wisata Kandi, di bagian utara Sawahlunto. Dengan daya tampung yang tidak kurang dari 1000 orang, Camping Ground Sawahlunto telah dilengkapi amenitas yang representatif dan mencatat prestasi tertinggi sebagai tempat pelaksanaan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) tingkat nasional yang diikuti oleh seluruh perwakilan pemuda dari seluruh provinsi di Indonesia. Dewasa ini Camping Ground Sawahlunto makin memantapkan diri sebagai tempat Glamping (Glamorous Camping).

Salam Pesona Indonesia!

(pmsrn)


 

This is the official website of the Government of Tourism Sawahlunto, West Sumatera. The contents listed on this website are intended for informational purposes rather than commercial. Any displayed sale is meant as a token of partnership and will always redirect you to our partners' sites.