DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA SAWAHLUNTO, SUMATERA BARAT

NEWS

Wajah kota tua Sawahlunto dengan semua bangunan bersejarahnya yang masih terawat sampai sekarang berhasil mencuri perhatian wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sawahlunto pada 9-12 Mei 2018 ini.

Menikmati suguhan penampakan kota yang eksotis, layaknya kota kecil di negara eropa, para wisatawan mancanegara ini sumringah dan takjub. Rombongan yang dibawa Ravelino Tours and Travel ini merasa bahagia karena jejak sejarah yang begitu kuat di Sawahlunto masih jelas terlihat sampai sekarang. Tak urung, hampir semua titik sejarah di Sawahlunto disinggahi, seperti Museum Goedang Ransoem, Lubang Tambang Mbah Soero, Museum Kereta Api bahkan sampai bangunan Rumah Sakit Sawahluntopun mereka kunjungi. 

Amy Foss, selaku Tour Leader dari Belanda ini sangat mengapresiasi akan pariwisata Sawahlunto. "Saya jatuh cinta dengan Sawahlunto. Keelokan alamnya yang padu padan dengan semua bangunan bersejarahnya serta harmonisasi masyarakatnya membuat saya langsung jatuh hati. Seperti nostalgia, saya bisa merasakan sejarah yang begitu kuat di sini. Kota ini bersih, nyaman dan tenang, menawarkan kesejukan hati dan kehangatan jiwa. Saya harap, agar semua bangunan bersejarah ini dijaga dengan baik sampai kapanpun. Ini akan jadi magnet kuat untuk menarik orang berkunjung ke Sawahlunto. Dan saya akan datang lagi ke Sawahlunto, baik dengan rombongan ini ataupun rombongan lainnya", ujar Amy mengutarakan kekagumannya.

"Kami sangat bangga dengan kunjungan ini. Lihatlah, aksi menanam pohon di Puncak Cemara yang dinamai dengan nama mereka dan cooking class dengan para ibu-ibu homestay, merupakan atraksi wisata menarik di Sawahlunto. Ini luar biasa bagi Sawahlunto. Mereka meninggalkan jejak yang nyata di Sawahlunto dan ini strategi agar mereka kembali lagi ke Sawahlunto", jelas Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto, Efriyanto, S.Sos, MM saat mampir melihat aktivitas kunjungan rombongan Belanda yang berjumlah sekitar 20 orang ini.

Aksi tanam pohon dan cooking class merupakan atraksi wisata yang sangat meninggalkan kenangan. Hal ini diakui Amy Foss selaku tour leader. "Pokoknya saya suka Sawahlunto. Tunggu kunjungan saya selanjutnya", kata Amy Foss mengakhiri.(DISPARPORA/RZ)


 

This is the official website of the Government of Tourism Sawahlunto, West Sumatera. The contents listed on this website are intended for informational purposes rather than commercial. Any displayed sale is meant as a token of partnership and will always redirect you to our partners' sites.