DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA SAWAHLUNTO, SUMATERA BARAT

NEWS

 
Hal paling sering luput dari perhatian wisatawan yang datang ke Kota Sawahlunto adalah Komplek Makam Belanda yang berada di daerah Lubang Panjang, Kota Sawahlunto,
padahal keberadaan makam ini merupakan salah bukti nyata keberadaan Kolonial belanda di Kota Sawahlunto. Dan Makam ini diyakini merupakan satu-satunya kompleks Pemakaman Kolonial Belanda yang ada di Sumatera Barat.   Komplek Makam Belanda) saat ini luasnya lebih kurang dari 7.000 m2, terdapat sekitar 90 buah makam berbagai ukuran dan bentuk yang sebagian besar adalah orang Belanda. Makam-makam ini dilengkapi nisan yang terbuat dari beton bertulang lengkap dengan tulisan nama-namanya. Namun sayangnya sebagian besar tulisan tersebut sudah pudar dan hilang. Diantara makam-makam tersebut juga terdapat satu makam dengan nisan yang bertuliskan huruf Cina, kemungkinannya bisa saja yang dimakamkan disana juga terdapat keturunan Cina. Sebab pada masa kolonial Belanda, Bangsa Cina menempati strata sosial kedua setelah Eropa. 
Dari struktur bentuk dan ukuran makam yang berbeda-beda,bisa dilakukan penelitian disana kenapa makam-makam tersebut berbeda-beda bentuk dan ukurannya serta pola hiasnya, sepertinya perlu kajian dan penelitian yang lebih mendalam tentang keberadaan makam-makam tersebut seperti, siapa-siapa saja yang dikuburkan disana? Tahun berapa meninggalnya? sehingga keberadaan makam ini juga mengandung informasi bagi siapa saja yang membutuhkannya, dan juga informasi bagi keturunan mereka yang masih ada, karena tidak jarang komplek ini didatangi oleh tourist dari Belanda yang sekedar ingin tahu dimana nenek moyang mereka dimakamkan. 
 

 

This is the official website of the Government of Tourism Sawahlunto, West Sumatera. The contents listed on this website are intended for informational purposes rather than commercial. Any displayed sale is meant as a token of partnership and will always redirect you to our partners' sites.