DINAS PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA SAWAHLUNTO, SUMATERA BARAT

NEWS

Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pemandu wisata terkhusus pada geowisata (wisata geologi), Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Sawahlunto menggelar pelatihan terkait, yang digelar Selasa sampai Kamis, 09 - 11 April 2019 di kawasan wisata Kandih.

 

Menghadirkan pemateri dari pengurus Geopark Ranah Minang dan Dinas Pariwisata terkait, peserta pelatihan ini adalah kalangan anak muda yang bergiat di Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), komunitas wisata, serta sejumlah Perangkat Pemerintahan Desa (Pemdes).

 

Walikota Sawahlunto, Deri Asta yang dalam membuka kegiatan tersebut diwakili oleh Asisten Administrasi Pembangunan, Asril mengatakan bahwa peran masyarakat, terlebih pemandu wisata sangat strategis dalam menunjang destinasi pariwisata. Sebab, yang berinteraksi langsung dengan wisatawan adalah masyarakat/pemandu wisata tersebut.

 

"Peningkatan kualitas SDM ini sangat strategis. Sebagus apa pun kualitas destinasi kita, namun tidak didukung dengan SDM yang mumpuni, maka tentu lama kelamaan destinasi itu bisa merosot kualitasnya," sebut Asril.

 

Pelaksanaan pelatihan ini, dikatakan oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Sawahlunto, Efriyanto diselenggarakan dengan menggunakan anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yakni dari jalur Dana Alokasi Khusus (DAK) Kepariwisataan, yang disediakan untuk penyelenggaraan pelatihan - pelatihan pariwisata.

 

"Alhamdulillah, ini kali pertama Kota Sawahlunto mendapat DAK Kepariwisataan untuk melakukan pelatihan - pelatihan kualitas SDM pariwisata. Semuanya ada 6 paket pelatihan. Nanti setelah ini juga pelatihan untuk manajemen pariwisata, dan seterusnya," kata Efriyanto.

 

Sementara, salah satu peserta pelatihan, Joni dari Desa Silungkang Tigo mengaku senang dan banyak terbuka wawasannya tentang aktifitas pemandu  wisata.

 

"Jadi mendapat lebih banyak referensi, pematerinya juga banyak sharing pengalaman - pengalaman menarik," tutur Joni.

 

Dalam pemaparan materi hari pertama, peserta dipaparkan materi dari Kepala Disparpora, Efriyanto dan Pengurus Geopark Ranah Minang, Fadhli. (Humas)

Senin, 8 April 2019, salah satu staf Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Sawahlunto, Syarifah Aini, menyabet gelar sebagai staf terbaik pada bulan Maret 2019 di lingkungan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga. .
.
Penganugerahan ini diberikan langsung oleh Kadisparpora, bapak Efriyanto, S.Sos, MM @efriyanto_  saat menggelar apel pagi ini yang secara rutin digelar setiap Senin oleh Disparpora. .
.
Pemilihan staf terbaik ini berdasarkan kedisiplinan, loyalitas, kinerja dan pertimbangan lainnya  yang dilakukan oleh para pimpinan di lingkungan Disparpora Kota Sawahlunto. .
.
"Dengan penghargaan ini, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh staf agar selalu memberikan disiplin dan performa terbaik untuk Sawahlunto yang lebih baik", ujar Kadisparpora menanggapi. .
.
Syarifah Aini sendiri merasa bangga dan haru dengan penghargaan ini. Ibu dua anak ini mengungkapkan bahwa penghargaan yang diterimanya ini akan dijadikannya sebagai penambah semangat untuk berkinerja lebih baik lagi.
Salam Pesona Indonesia!

#GenpiSawahlunto#GenpiSumbar#sawahluntopusaka#sawahluntotourism#exploresawahlunto#wisatasejarah#minangtourism#udaunisawahlunto #bestemployee #employee #

Sobat wisata pecinta tenis mania, jangan lewatkan event tahunan bergengsi tingkat nasional yang telah menjadi event tahunan di Sawahlunto bertajuk SAWAHLUNTO TENIS WISATA BEREGU PUTRA NASIONAL KE V 2019 , yang akan dilaksanakan pada :

Tanggal : 19-21 April 2019

Pukul : 08.00 WIB sampai selesai

Tempat : Lap.Tenis PELTI Kota Sawahlunto

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi narahubung :

Efriyanto, 08126777440

Tri Darma Satria, 085285317726

Hendra Cipta, 085355076454

Franky Octora, 081363330902

 

Kuota hanya untuk 24 club saja. So, please come join us now!

 

Salam Pesona Indonesia!

Sobat wisata, temu ramah dan silaturahmi antara Ka. BDTBT Kementerian ESDM, bapak Dr. Asep Rohman, ST, MT dan jajaran dan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dengan Olahraga Kota Sawahlunto, bapak Efriyanto, S.Sos, MM dan jajaran berlangsung akrab dan hangat di ruang Kadisparpora pada Selasa, 2 April 2019. 

 

Pertemuan singkat ini membahas tentang rencana kerjasama ke depan yang lebih intensif dan saling menguntungkan antara kedua belah pihak seperti one day tour di Sawahlunto, paket wisata yang melibatkan BDTBT, penelitian tentang geopark Sawahlunto, dukungan terhadap pelaksanaan event Sawahlunto dan lain-lain.

 

Menurut Asep, BDTBT yang bernaung di bawah Kementerian ESDM ini adalah satu-satunya yang mempunyai workshop tambang bawah tanah di Asia Tenggara.

 

Menarik bukan? Nah, sudahkah sobat wisata berkunjung ke Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT)  Kementerian ESDM yang berlokasi di #sawahlunto ini???

.

#bdtbt_esdm

#sawahluntotourism

#sawahlunto

#bdtbt

#balaidiklattambangbawahtanah

#Kementerianesdm

#pariwisata

#tourism

#pariwisatasawahlunto

#kotawisatatambangyangberbudaya

TAMAN SATWA KANDI

Taman Satwa Kandi ini merupakan salah satu lahan di kawasan wisata kandi yang merupakan hasil pengembangan reklamasi lahan pasca tambang menjadi destinasi wisata. Destinasi inisangat cocok untuk wisata edukasi dan wisata rekreasi bagi keluarga, komunitas maupun anak sekolah. Luas wilayah taman satwa kandi ini sekitar 5 hektar. Satwa yang ada di taman wisata ini antara lain, kura-kura, orang utan, siamang, ungko, beruang madu, rusa, berbagai jenis burung, ular, masih banyak lagi.

Uniknya, di Taman Satwa Kandi tidak hanya satwa saja yang bisa disaksikan. Di lokasi ini juga terdapat museum zoologi yang menyediakan offset kupu-kupu seluruh dunia dan satwa langka seperti harimau, buaya dan orang utan. Selain itu juga terdapat sebuah danau yang di kenal dengan nama Danau Tandikek. Danau ini telah dijadikan wahana wisata air yang tentunya menyediakan berbagai kegiatan menarik dan olahraga air seperti sepeda air, banana boat, perahu naga dan lain-lain. Tak kalah menarik juga tersedia permainan flying fox yang menantang adrenalin dan juga arena permanen untuk permainan paint ball bagi anda yang ingin bersenang-senang dengan komunitas sobat wisata semua.

CARA MENUJU KE SINI

Dari BIM, sobat wisata menempuh jarak sekitar 100 km dengan waktu sekitar 3 jam dengan kendaraan untuk menempuh ke pusat kota Sawahlunto. Taman satwa kandi ini terletak di kawasan Kecamatan Talawi, arah utara Sawahlunto, berjarak sekitar 11 km dari pusat kota Sawahlunto dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 20 menit jika menggunakan kendaraan dari pusat kota Sawahlunto. Kendaraan sekelas bus juga dapat mencapai lokasi ini.

ATRAKSI WISATA YANG BISA DILAKUKAN

Sesampai di sini, sobat wisata dapat melakukan banyak hal. Berbagai atraksi yg bisa dilakukan:

- Berinteraksi dengan berbagai satwa

- Berswafoto atau berfoto di beberapa spot menarik.

- Tersedia plaza yang dapat dijadikan tempat membuat acara bagi komunitas seperti reunian, office gathering, dan lain-lain.

- Tersedia berbagai wahana wisata air di Danau Tandikek seperti sepeda wisata, banana boat, perahu naga dan bola-bola air

- Atraksi Flying fox juga menjadi pilihan menarik yang memacu adrenalin.

- Permainan Paint Ball dengan arena yang permanen juga hal seru yang dapat dinikmati bagi komunitas/keluarga

- Shooting target

- Menunggang Gajah /Kuda

- Mengunjungi Taman Kupu-kupu

- Mengendarai ATV Mini

- Atraksi Trampolin, Kereta mini dan kincir mini

- Trick Art

 

FASILITAS

Jangan khawatir, di taman satwa ini terdapat banyak fasilitas yang tentunya bisa memberikan kenyamanan untuk kegiatan wisata, diantaranya :

- lap.parkir

- gazebo

- toilet

- mushalla

- bangku taman

- kantor pengelola

- Plaza/panggung terbuka

- food Court

- souvenir Shop

- arena Paint Ball

 

JAM OPERASIONAL

Taman Satwa Kandi dibuka tiap hari tanpa libur, mulai pukul 09.00 WIB- 17.00 WIB.

HARGA TIKET MASUK

HTM di Taman Satwa Kandi : 15000/orang untuk libur khusus/lebaran dan 10000/orang untuk hari Senin-Jumat

Sarana Wisata Air :

-              Sepeda air : 15000/sepeda

-              Perahu naga : 15000/orang

Sarana OutBond:

-              Fying Fox : 15000/orang

-              Flying Fox panjang : 20000/orang

-              Shooting target : 10000/6 peluru

-              Paint Ball : 40000/orang

Tiket tunggangan satwa  dan wahana lainnya

-              Tunggangan gajah : 15000/orang

-              Tunggangan kuda : 10000/orang

-             Museum 10000/orang

-            ATV mini 20000/orang

Page 1 of 5

 

This is the official website of the Government of Tourism Sawahlunto, West Sumatera. The contents listed on this website are intended for informational purposes rather than commercial. Any displayed sale is meant as a token of partnership and will always redirect you to our partners' sites.